JENIS THIMBLE

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas jenis alat rigging yang diantaranya jenis shackle, jenis masterlink, jenis wire clip dan juga Jenis Turnbuckle. Dan pada bahasan kita selanjutnya pada artikel kami kali ini yaitu jenis thimble. Jenis thimble tentunya beragam, karena memang kebutuhan dari thimble itu sendiri berbeda-beda, sehingga para produsen thimble mencoba untuk memproduksi thimble ini dengan beberapa jenis thimble yang berbeda.

Tapi seperti biasa, sebelum kami membahas tentang jenis thimble itu sendiri terlebih dahulu kami akan membahas tentang apa itu thimble dan fungsinya. Thimble adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan untuk menjaga bentuk alami mata wire rope sling ataupun rope sling, dan melindungi tali dan juga kawat baja dari terjepit dan abrasi/keausan di area dalam lingkaran ( mata sling ). Tanpa Thimble, mata pada wire rope sling ataupun rope sling akan cepat terkikis karena seringnya mendapat hentakan dan gesekan sehingga wire rope sling tersebut tidak dapat bertahan lama.

Jika anda bingung apa yang kami coba jelaskan, anda dapat melihat gambar thimble yang dipasangkan pada wire rope sling dibawah ini :

Jenis Thimble 1

Jenis Thimble

Pada gambar pertama, gambar tersebut mewakili gambar dari thimble itu sendiri. Jadi bentuk dari thimble tersebut hampir melingkar yang ditengahnya terdapat lekukan. Lekukan tersebut yang nantinya untuk dipasangkan dengan wire rope atau tali sehingga dapat melindungi wire rope atau tali tersebut dari bersentuhan langsung dengan objek angkat atau objek tariknya.

Sedangkan pada gambar kedua, dibagian atas adalah gambar wire rope sling yang tidak dipasangi dengan thimble sehingga permukaan matanya tidak terlindung. Dan gambar dibawahnya adalah wire rope sling yang dipasang thimble. Tentunya setelah anda melihat kedua gambar tersebut kami harap anda sudah lebih paham dengan apa yang kami maksudkan dalam menjelaskan thimble dan fungsinya tersebut.

Sedangkan jika anda melihat gambar kedua lagi, tentunya ada perbedaan ukuran mata wire rope sling itu sendiri. Jadi itulah yang menjadi salah satu kelemahan dari wire rope sling ataupun rope sling yang menggunakan thimble. Karena ukuran thimble yang sudah disesuaikan dengan ukuran diameter wire rope, jadi untuk pembuatan mata wire rope slingnya pun harus sesuai dengan standard ukuran thimble tersebut. Atau lebih mudahnya, ukuran mata tanpa thimble dapat dibuat sekecil dan sebesar mungkin tergantung kebutuhan, tetapi ukuran mata sling dengan thimble harus sesuai dengan spesifikasi dan standarisasi dari ukuran thimble yang ada.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, untuk ukuran mata wire rope sling ataupun rope sling yang menggunakan thimble tentunya sudah distandarisasikan oleh seluruh dunia, sehingga anda tidak mungkin memiliki mata sling yang kekecilan dengan objek kaitnya. Standarisasi yang dibuat oleh seluruh negara di dunia ini tentunya sudah diperhitungkan sebaik mungkin agar wire rope sling dengan thimble dapat digunakan semaksimal mungkin. Jadi wire rope atau rope dengan nilai breaking load sekian sampai sekian cocok untuk digunakan dengan thimble ukuran sekian dan dapat dikaitkan dengan alat rigging ukuran sekian pula. Semua itu sudah merupakan ukuran standard yang harus dipatuhi oleh semua user di seluruh dunia, agar penggunaan wire rope sling dapat maksimal dan lebih aman.

 

JENIS THIMBLE

Jadi kembali pada pokok bahasan kita yang utama yaitu jenis thimble. Apa aja sih jenis thimble yang ada didunia ini? tentunya kami akan coba untuk menjawab pertanyaan tersebut. Karena kebutuhan manusia yang beragam, jenis thimble juga dibuat beragam oleh para produsen thimble agar kebutuhan manusia tersebut dapat teratasi dengan bentuk thimble ciptaan mereka.

Jadi apa aja sih jenis thimble tersebut?? jenis thimble yang banyak digunakan di Indonesia diantaranya adalah :

  1. Thimble Standard
  2. Thimble Heavy Duty
  3. Thimble Heavy Duty Tube
  4. Thimble Solid
  5. Thimble Solid DIN 3091

 

Jenis Thimble Lengkap

Semua jenis thimble tersebut memiliki fungsinya masing-masing sehingga perlu penjelasan lebih detail lagi mengenai ini. Jika anda ingin mengetahui penjelasan lebih detail lagi tentang masing-masing fungsi thimble yang ada pada gambar diatas silahkan kunjungi artikel terkait tentang perbedaan fungsi thimble, pantengin terus artikel website kami ini di www.asmarines.com/artikel

hubungi asmarines