JENIS SWIVEL

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas jenis alat rigging yang diantaranya jenis shackle, jenis masterlink, jenis wire clip, jenis turnbuckle dan juga jenis thimble. Dan pada bahasan kita selanjutnya pada artikel kami kali ini yaitu jenis swivel. Jenis swivel tentunya beragam, karena memang kebutuhan dari swivel itu sendiri berbeda-beda, sehingga para produsen swivel ini mencoba untuk memproduksi swivel tersebut menjadi beberapa jenis swivel yang berbeda.

Seperti biasa, sebelum kami menjelaskan tentang apa saja jenis swivel yang ada di pasaran Indonesia, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang apa itu swivel dan juga fungsinya. Pengertian dari swivel sendiri yaitu salah satu jenis alat rigging yang digunakan sebagai alat untuk menyeimbangkan beban saat berputar, dan juga untuk menjaga alat angkat ( wire rope, rantai ataupun tali ) agar tidak tertekuk karena putaran dari objek angkat. Perputaran yang terjadi pada objek angkat saat diangkat tentunya dapat menyebabkan strand wire rope dan juga tali dapat rusak, dan yang lebih parahnya lagi putaran tersebut dapat menyebabkan wire rope, rantai dan juga tali menjadi kink atau terlilit sehingga dapat merusak wire rope, tali dan juga rantai tersebut. Jika hal itu terjadi, akibatnya akan dapat membahayakan orang-orang yang bekerja disekitarnya. Tentunya saat terjadi kink, kekuatan dari wire rope, rantai ataupun tali menjadi lemah dan merusak permukaannya juga, sehingga wire rope, rantai dan bahkan tali tersebut bisa cepat putus. Tentunya jika demikian, resiko terjadinya kecelakaan kerja akan semakin tinggi dan pastinya perusahaan anda akan mengalami banyak kerugian. Baik itu kerugian materi, pekerja dan juga kepercayaan pembeli atau pengguna jasa anda bisa menghilang.

Semua pengusaha tentunya tidak mau mengalami hal ini, karena dampak yang terjadi akan sangat besar bagi perusahaan tersebut. Jadi swivel disini adalah salah satu solusi yang ditawarkan alat rigging untuk membantu anda yang bekerja dibidang lifting dan khususnya mengangkat benda yang panjang dan beresiko untuk berputar saat diangkat. Dan perlu diingat bahwa swivel hanya cocok digunakan untuk sling satu kaki saja, karena tidak akan bermanfaat jika digunakan pada sling yang memiliki jumlah kaki yang lebih dari satu.

Setelah kami menjelaskan penjelasan yang cukup detail diatas, tentunya anda penasaran kan?? gmn sih bentuk dari swivel ini. Tenang aja, kami akan berbagi gambar swivel pada gambar dibawah ini untuk anda :

Contoh Jenis Swivel

Gambar diatas adalah salah satu dari jenis swivel yang ada. Lihat saja bentuknya yang memiliki poros ditengah dan lubang kait dikedua sisinya. Tentunya sisi atas adalah sisi dimana sling dimasukkan disitu dan sisi bawah adalah sisi dimana objek angkat dikaitkan pada lubang tersebut. Jadi kinerjanya adalah saat objek diangkat, sisi bagian bawah akan berputar mengikuti arah putaran objek angkat hingga stabil. Dan sisi bagian atasnya tetap diam, sehingga hal ini yang membuat sling tetap pada posisinya ( tidak ikut berputar ). Dan dengan adanya swivel ini, sling anda akan aman dari putaran yang dapat merusaknya.

 

JENIS SWIVEL

Balik pada inti artikel ini yaitu jenis swivel. Jenis swivel sendiri terdiri dari beberapa jenis yang tentunya setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa aja sih jenis swivel yang dijual di Indonesia ini?? jawabannya ada pada poin-poin jenis swivel dibawah ini, yaitu diantaranya :

  1. Chain Swivel
  2. Reguler Swivel
  3. Jaw End Swivel
  4. Swivel Hook

Jenis Swivel

 

Jenis swivel yang pertama yaitu chain swivel. Jenis chain swivel ini biasa digunakan untuk aplikasi lifting dengan menggunakan sling rantai karena memang lingkar swivel tersebut yang berbentuk lingkaran yang tentunya ukurannya sesuai dengan lingkar rantai. Jadi setelah rantai masuk pada lubang chain swivel ini maka kemungkinan bergesekan antara rantai dan permukaan lubang swivelnya sehingga rantai dan swivel lebih awet digunakan untuk waktu yang lama.

Jenis swivel yang kedua yaitu Reguler Swivel. Jenis reguler swivel ini biasa digunakan untuk aplikasi lifting dengan menggunakan sling wire rope dan juga rantai. Tetapi memang banyak user yang menggunakan swivel ini untuk wire rope sling saja, karena sudah ada chain swivel sebagai alat yang pas untuk rantai. Jadi jenis reguler swivel lebih dipilih untuk penggunaan pada wire rope sling.

Jenis yang ketiga yaitu Jaw End Swivel. Jenis Jaw End Swivel ini biasa digunakan untuk aplikasi lifting dengan menggunakan wire rope dan juga chain sling sama seperti fungsi dari reguler swivel. Perbedaannya adalah pada pengaitnya sendiri yang berbentuk jaw end. Jaw end sifatnya dapat dibuka dan dipasang, berbeda dengan jenis chain swivel dan juga reguler swivel yang bulat tidak memiliki celah untuk memasang rantai. Jadi saat memasang rantai dengan chain swivel dan reguler swivel, perlu adanya alat tambahan seperti missing link ataupun shackle. Sedangkan jaw end swivel tidak membutuhkan alat tambahan pada untuk memasang rantai pada sisi jaw endnya.

Yang terakhir adalah jenis swivel hook yang artinya swivel ini dipasangkan dengan hook. Jadi saat hook ini mengangkat barang yang mudah berputar, maka yang berputar adalah hook itu sendiri sehingga tidak merusak alat angkatnya.

Jadi udah pada paham semua kan tentang jenis swivel ini?? semoga apa yang kami coba jelaskan disini dapat anda pahami dengan mudah. Dan jika anda membutuhkan swivel untuk kebutuhan lifting anda, anda dapat menghubungi staff marketing kami di nomor 021 691 9595.

hubungi asmarines